Manfaat Blogging Untuk Meningkatkan Penjualan Online

Manfaat Blogging Untuk Meningkatkan Penjualan Online

Berbicara tentang cara meningkatkan penjualan online adalah menarik. Khususnya jika Anda berbinis menggunakan internet sebagai media pemasaran. Salah satu cara paling efektif adalah memanfaatkan sumber daya blog di situs Anda.

Memanfaatkan blogging untuk meningkatkan penjualan online sebenarnya bukan topik baru. Ini sudah berlangsung sejak lama. Baca: Strategi konten marketing

Jika Anda pelaku bisnis kecil, kemungkinan Anda bertanya-tanya apakah blogging sepadan dengan waktu dan upaya. Khususnya dalam meningkatkan penjualan online.

Jawaban singkatnya adalah YA!

Blogging secara rutin adalah cara yang relatif mudah dan murah. Dalam dunia internet marketing, blogging termasuk dalam upaya inbound marketing. Dimana mampu mengarahkan lalu lintas organi ke situs Anda, dan menarik lebih banyak pelanggan perspektif.

Amazing… sekalikan?

Blogging untuk meningkatkan penjualan online

Blogging itu adalah strategi marketing paling efektif. Masuk melalui kebutuhan orang tentang informasi dimana Anda dapat memberikannya. Dan tentu saja, dalam informasi tersebut misi penjualan online Anda tersisip didalamnya. Hohoho…

Berikut ini beberapa statistik yang harus Anda lihat:

  • 61% konsumen AS telah melakukan pembelian berdasarkan posting blog. (Sumber)
  • 37% pemasar menemukan bahwa blog adalah metode terpenting dalam content marketing. (Sumber)
  • Perusahaan yang memiliki blognya menikmati 97% lebih banyak inbound link daripada pesaing tanpa blog. (Sumber)
  • Website yang memiliki blog meraup 434% lebih banyak halaman yang diindeks daripada website tanpa blog. (Sumber)
  • Bisnis B2B lebih cenderung blog daripada bisnis B2C. (Sumber)
  • 94% dari mereka yang berbagi posting melakukannya karena mereka pikir itu akan membantu orang lain. (Sumber)
  • Perusahaan B2B dengan blog mendapatkan 67% lebih banyak arahan daripada yang tidak. (Sumber)

OMG.. Anjay sekalee…

Bagaimana blogging meningkatkan penjualan online?

Fakta diatas mungkin membuat Anda tidak mampu menolak untuk memanfaatkan blog dalam strategi penjualan online. Tapi, mari kita lihat lebih dalam lagi.

Berikut adalah beberapa manfaat paling penting ketika Anda memiliki blog untuk bisnis Anda:

Peningkatakan SEO

Mesin pencari senang memberikan konten segar dan berkualitas pada pengguna mereka. Dan tidak ada alat yang dapat menyediakan konten lebih sering dan berkualitas selain blog.

Dengan mengelola blog secara konsisten, Anda memberi Google dan mesin pencari lain konten baru untuk diindeks. Itu artinya menciptakan peluang untuk memasukkan kata kunci yang berpotensi mendapat peringkat di mesin pencari (sumber).

Ini jelas akan meningkatkan visibilitas situs Anda di halaman hasil mesin pencari (SERPS).

Sebagai bonus tambahan, Anda akan mendapat manfaat dari backlink. Karena situs web lain mungkin tertarik menjadikan konten blog Anda sebagai sumber atau rujukan penting.

Ini menambah lebih banyak bahan bakar ke api SEO. Karena mesin pencari menganggap backlink sebagai dukungan otoritas situs web Anda. Baca: apa itu manfaat backlink?

Baca juga tips SEO yang menarik berikut ini:

Mengembangkan Hubungan dengan Pelanggan Potensial

Blogging memungkinkan Anda terhubung dengan pengunjung situs. Ini dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada pembaca Anda di akhir posting. Ini berguna untuk memulai percakapan yang melibatkan mereka.

Atau kolom komentar di blog menjadi sarana yang memberi umpan balik. Dengan meninjau dan menanggapi komentar pembaca, Anda dapat membuat hubungan dengan audiens Anda, membangun kepercayaan, dan mendapatkan wawasan berharga tentang apa yang dicari pelanggan Anda.

Menjadikan bisnis sebagai Leader Industri

Tidak peduli seberapa kecil bisnis Anda, Anda dapat membangun kepercayaan dan pengaruh dalam industri Anda dengan memberikan informasi yang berharga dan ahli dalam posting blog Anda.

Seiring waktu, Anda menjadi sumber daya “tujuan” untuk konten yang bermanfaat dan informatif, yang pada akhirnya dapat menyebabkan tingkat konversi pelanggan yang lebih tinggi.

Ini sangat penting bagi usaha kecil yang ingin mendapatkan kredibilitas untuk bersaing dengan perusahaan besar.

Menghubungkan Orang dengan Merek Bisnis Anda

Posting blog memungkinkan Anda menunjukkan sisi pribadi bisnis Anda. Dimana bahwa perspektif dan pelanggan saat ini tidak akan melihat melalui teknik outbound marketing.

Blogging memberi orang lain rasa tentang standar perusahaan, visi, dan kepribadian perusahaan Anda.

Memberikan Nilai untuk Pembaca Anda

Salah satu manfaat terbesar dari bisnis blogging adalah kemampuan untuk memberikan nilai kepada pengunjung.

Posting blog yang membantu mereka memecahkan masalah atau memasukkan tips untuk membuat sesuatu dalam hidup mereka lebih mudah atau lebih baik, jauh lebih menarik bagi calon pelanggan potensial daripada iklan disodorkan di muka mereka.

Sumpah.. orang-orang sudah muak setiap detik dalam kehidupan moderen kepala mereka senantiasa di jejali oleh berbagai iklan. Yang terkadang tidak mampu menerka tolak.

Tentu saja, produk atau layanan Anda akan menjadi bagian dari solusi yang Anda berikan di pos Anda, tetapi dengan cara yang halus dan bermanfaat. Dengan meluangkan waktu dan energi untuk menyediakan konten bermanfaat secara gratis, Anda sebenarnya membangun loyalitas di antara calon pelanggan yang akan lebih cenderung memilih perusahaan Anda daripada pesaing Anda ketika mereka siap melakukan pembelian.

Anda bahkan dapat memasukkan posting yang berpusat pada kesaksian untuk mendorong orang-orang yang mempertimbangkan pembelian untuk mengambil langkah berikutnya.

Jika posting blog Anda hanya promosi produk atau penawaran layanan, jangan repot-repot blogging. Pembaca tidak akan tertarik. Hohoho….

Mendapat Peluang Berbagi di Media Sosial

Setiap kali Anda menulis blog dengan konten yang bermanfaat, Anda menciptakan peluang bagi audiens Anda untuk berbagi dengan orang lain.

Baik itu tautan ke posting blog Anda, tweet, atau email ke orang lain, ini pemasaran gratis dan lebih lanjut memvalidasi Anda sebagai bisnis yang kredibel.

Dari sudut pandang praktis, ini masuk akal bukan?

Dengan sedikit usaha dan biaya, Anda dapat membangun kredibilitas, meningkatkan peringkat mesin pencari, meningkatkan lalu lintas situs web, dan membina hubungan dengan pelanggan potensial dan saat ini.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat ini, Anda dapat melihat manfaat blogging untuk mengingkatkan penjualan online.

Melalui aktivitas blogging Anda dapat daftar email dari prospek yang tertarik dengan meminta mereka untuk berlangganan posting blog Anda. Email-email itu kemudian dapat digunakan untuk tujuan pemasaran untuk meningkatkan titik sentuh.

Tidak hanya mereka akan secara teratur melihat posting blog Anda, pintu sekarang terbuka untuk peluang pemasaran email untuk mempromosikan bisnis Anda, mengirim promosi khusus yang lebih personal, dan banyak lagi.

Semakin sering Anda terhubung dengan sebuah petunjuk, semakin besar peluang untuk mengubahnya menjadi pelanggan.